• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : piaud@iainmadura.ac.id

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Institut Agama Islam Negeri Madura

Prodi PIAUD Selenggarakan Workshop Penguatan Kelembagaan Prodi Bagi Dosen melalui Penyusunan Artikel dan Penggunaan Mendeley







Rabu, 10 Maret 2021


Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Madura menyelenggarakan workshop penguatan kelembagaan prodi dengan tema “Peningkatan Kemampuan Dosen Prodi PIAUD dalam Penyusunan Artikel dan Penggunaan Mendeley untuk Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi”. Tujuan dari kegiatan workshop ini yaitu untuk membekali Dosen Prodi PIAUD dalam bidang menyusun artikel.


 


Sambutan Hj. S. Sumihatul Ummah MS, M. Pd selaku Kepala Program Studi Peandidikan Islam Anak Usia Dini menyampaikan bahwa tema ini sangat penting bagi pengembangan karier Dosen, yang merupakan lanjutan dari workshop sebelumnya. Workshop ini berlangsung selama 4 jam Bersama Narasumber dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Insan Mandiri Surabaya yakni Dr. Nur Hidayat, M. Pd. selaku dosen Bahasa Inggris dan dimoderatori oleh Nisa’el Amala selaku dosen PIAUD IAIN Madura. Acara workshop ini dilakukan secara luring dengan menerapkan prokes yang ketat, dan dengan jumlah peserta yang terbatas hanya diikuti oleh dosen Prodi PIAUD sendiri.


 


Menjadi dosen yang professional harus siap dengan tantangan perubahan, salah satunya dengan menulis karya dengan menggunakan manajemen referensi berupa Mendeley. Mendeley adalah software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu para dosen dalam mengorganisir penelitian, berkolaborasi dengan peneliti lain secara online dan menemukan publikasi penelitian terakhir. Aplikasi Mendeley ini juga bisa dihubungkan dengan software referensi lainnya seperti EndNote, Papers dan Zotero. Disamping itu dosen juga harus memiliki akun Orchid dan ID Sinta untuk publikasi di Elsevier.


 


Adanya pelaksanaan workshop penyusunan artikel dan penggunaan aplikasi Mendeley ini, memungkinkan setiap dosen mengetahui cara membuat kutipan dan sitasi dalam artikel yang akan dikirimkan pada jurnal nasional bereputasi maupun jurnal internasional serta dapat meningkatkan kemampuan untuk menulis. (Denok Dwi Anggraini)



 

Hasil polling sementara

Bagaimana pendapat anda tentang web Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini?

Sangat Baik
20.0 %
Baik
30.0 %
Cukup
10.0 %
Kurang
40.0 %
Pilih polling sekarang