Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

piaud@iainmadura.ac.id

PRODI PIAUD UIN MADURA SUKSES GELAR PERKULIAHAN LUAR KELAS YANG BERTEMA: STRATEGI PENGELOLAAN KELAS TK YANG MENYENANGKAN DAN EFEKTIF DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN EDUKATIF ANTARA GURU DAN ANAK USIA DINI

  • Diposting Oleh Admin Web Prodi PIAUD
  • Kamis, 19 Juni 2025
  • Dilihat 16 Kali
Bagikan ke

Pamekasan- 02 Juni 2025, mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Islam Negeri (UIN) Madura melaksanakan kegiatan Perkuliahan Luar Kampus (PLK) sebagai bagian dari mata kuliah Keterampilan Dasar Mengajar dan Praktik Mengajar 1. Kegiatan ini diselenggarakan di TK Plus Ustman Al Farsy Pamekasan. Dengan tema “Strategi Pengelolaan Kelas TK yang Menyenangkan dan Efektif dalam Membangun Hubungan Edukatif antara Guru dan Anak Usia Dini”. TK Usman Al Farsy merupakan sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang dikenal memiliki pendekatan pengelolaan kelas yang aktif, menyenangkan, dan berbasis pada nilai-nilai Islam.

Kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Mahasiswa disambut langsung oleh pihak sekolah dan diarahkan untuk melakukan observasi ke dalam kelas. Observasi dilakukan di  TK B yang sedang melaksanakan kegiatan pembelajaran pagi. Selama proses observasi, mahasiswa melihat secara langsung bagaimana guru-guru di TK Plus Ustman Al Farsy menerapkan berbagai strategi dalam mengelola kelas, mulai dari cara menyapa anak di pagi hari, mengondisikan anak dalam circle time, hingga penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Salah satu hal yang menjadi sorotan penting dalam observasi adalah pendekatan guru dalam membangun hubungan edukatif dengan anak. Guru tidak hanya menjadi fasilitator pembelajaran, tetapi juga tampil sebagai sosok yang hangat, sabar, dan mampu memahami kebutuhan emosi anak. Interaksi guru dan anak berlangsung dalam suasana yang cair namun tetap terstruktur, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Setelah sesi observasi berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala TK Plus Ustman Al Farsy, ibu Hj. Sulistyawati., S.Ag., MM, yang memberikan wawasan dan pengalaman berharga kepada mahasiswa. Dalam pemaparannya, beliau menekankan pentingnya pengelolaan kelas berbasis kedekatan emosional dan disiplin positif. Beliau menjelaskan bahwa keberhasilan pembelajaran di TK bukan hanya ditentukan oleh materi yang disampaikan, tetapi juga oleh kemampuan guru dalam membangun hubungan emosional yang kuat dengan anak.

Beberapa strategi yang dibagikan antara lain adalah penggunaan komunikasi yang positif, teknik penguatan verbal dan nonverbal, rutinitas harian yang konsisten, serta pentingnya pengaturan ruang kelas yang mendukung aktivitas eksplorasi anak. Selain itu, kepala sekolah juga memberikan contoh konkret bagaimana guru dapat menjadi model perilaku bagi anak, termasuk dalam hal sopan santun, keteladanan ibadah, dan kemampuan menyelesaikan konflik secara damai.

Mahasiswa tampak antusias dan aktif bertanya selama sesi berlangsung. Kegiatan ini menjadi momentum penting dalam menguatkan pemahaman mahasiswa tentang praktik nyata di lapangan, terutama dalam hal mengelola kelas dan membangun hubungan yang sehat antara guru dan anak usia dini. Kegiatan berakhir sekitar pukul 11.30 WIB, ditutup dengan sesi dokumentasi bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari pihak kampus kepada TK Plus Ustman Al Farsy sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama dan sambutan hangat yang diberikan. (NAZ)